Kamis, 17 Oktober 2013

Bidang Usaha yang Prospektif Saat Ini

Memiliki usaha atau bisnis sampingan merupakan idam-idaman setiap orang. Baik ibu rumah tangga, karyawan, pelajar, mahasiswa atau pun seorang PNS. Terlebih lagi bisnis atau usaha itu memberikan keuntungan yang lumayan untuk tambah-tambahan sehari-hari. Saya akan memberikan salah satu contoh usaha sampingan yang prospektif, seperti misalnya usaha ritel.
Perkembangan usaha ritel di Indonesi ternyata cukup pesat. Setiap tahun pertumbuhan bisnis ritel juga sangat signifikan.  Usaha ini boleh dikata tidak terpengaruh oleh gejolak politik, krisis moneter, maupun perubahan sosial lainnya. Ketika harga bahan bakar minyak a barang juga ikut naik, namun juga tidak menurunkan minat konsumen untuk mengurangi tingkat belanjanya. Kondisi ini tentu saja merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan dalam membuat atau menjalankan usaha di bidang ini.

Keunggulan Bisnis
Bila anda ingin membuka sebuah usaha dan bingung dengan jenis usaha yang akan dipilih kenapa tidak memilih jenis usaha ini. Apalagi jika anda memiliki sebuah ruang atau lahan kosong atau lebih di rumah anda, anda dapat membuatnya menjadi tempat untuk memulai menjalankan usaha warung atau toko kelontong. Usaha ini sangat cocok sekali bagi anda yang ingin mempunyai penghasilan tambahan tanpa merepotkan aktivitas anda.
Selain pasarnya yang cukup luas, jenis barang yang dijual juga relatif tahan lama. Berbeda dengan bisnis warung makan yang harus cepat habis agar tidak bau atau terbuang. Begitu juga dengan margin keuntungannya, meski relatif kecil untuk tiap barang, namun karena jenis dan item barang yang dijual sangat banyak, maka akumulasi keuntungannya tidak bisa dianggap remeh. Apalagi barang-barang semacam inimerupakan kebutuhan bulanan yang selalu berulang kali dibeli dan diperlukan konsumen.

Strategi Pemasaran
Peluang besar dan tingkat kemudahan dalam menjalankan bisnis ini menyebabkan bisnis ini juga banyak dilirik pengusaha lainnya. Karena itu agar usaha ritel ataupun toko kelontong ini yang anda jalankan ini dapat berhasil, jangan asal jalan. Apalagi persaingan ini juga datang dari peritel waralaba yang banyak bermunculan jingga ke berbagai pelosok wilayah.  Lihat saja berbagai minimarket yang ada, seperti Indomaret, Alfamaret, dan lain sebagainya.
Bisnis ritel tradisional ini mempunyai kelemahan terutama pada manajemen atau pengolaannya yang dilakukan sekedarnya. Selain visi misinya yang tidak jelas, strategi pemasarannya juga tidak diperhatikan dengan baik. Akibatnya, tak sedikit toko atau warung kelontong yang bangkrut atau tidak diminati konsumen. Belum lagi masalah harga yang tak jarang juga malah lebih mahal ketimbang di supermarket.
Keunggulan minimarket maupun swalayan waralaba seperti Indomaret umumnya lebih pada ruangan ber-AC dan layanannya praktis. Sedangkan mengenai harga, tak berbeda dengan toko lainnya. Padahal masalah harga bagi konsumen Indonesia, khususnya ibu-ibu rumah tangga yang sangat teliti menyangkut uang, merupakan faktor penting. Karena itu buat keunggulan kompetitif, khususnya menyangkut harga maupun kualitas produk agar usaha ritel yang anda jalankan berhasil.

Ref :
anneahira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar