Selasa, 19 November 2013

Industri Bahan Bangunan Mesti Ramah Lingkungan

Pemerintah terus mendorong pemanfaatan teknologi hijau pada setiap sektor industri, termasuk pada industri bahan bangunan melalui pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan. Pengembangan teknologi hijau merupakan teknik untuk menghasilkan energi atau produk yang tidak mencemari lingkungan hidup serta dapat melahirkan banyak inovasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini sudah makin banyak yang masuk ketegori industri hijau setiap tahun. Sekarang kita lebih mendorong suatu industri untuk semakin meningkat penerapan industri hijau, apakah terkait dengan pemakaian energinya, pemakaian air, atau re-use bahan bakunya. Pengembangan bangunan hijau (green building) tengah mendapat perhatian penting di bidang teknologi hijau. Segala sesuatu yang berkaitan dengan pembangunan rumah dan infrastruktur yang ramah lingkungan saat ini telah menjadi tren, seiring dengan meningkatnya kesadaran pelestarian lingkungan.

Ini menjadi tren internasional sehingga dapat menjadi sesuatu yang mutlak. Dan harus dipikirkan juga insentif apa yang bisa diberikan untuk mendorongnya. Penerapan pengembangan green building ini dapat dimulai dari pemilihan bahan bangunan hingga lokasi tempat bangunan yang akan didirikan yang diharapkan telah mempertimbangkan kelestarian lingkungan hidup.

Untuk mendapatkan green building ini diperlukan bahan bangunan yang mendukung, oleh sebab itu industri bahan bangunan harus dapat mengembangkan produknya dengan memanfaatkan bahan baku lokal secara maksimal melalui pengembangan standar teknologi proses, desain maupun peningkatan SDM.

Ref       :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar